Sabtu, 02 Juli 2016

5 Browser Yang Paling Banyak Dipakai

Kali ini Warmed akan membahas browser yang paling banyak dipakai untuk menjelajah dunia maya. Statistik ini berdasarkan pantauan Warmed dari beberapa sumber traffic yang Warmed dapatkan, terutama pengunjung blog yang Warmed kelola. Semoga bisa menjadi referensi pembuatan blog/situs agan-agan. hehehe...

Peringkatnya Warmed mulai dari yang terendah dulu ya. 5 Peringkat Browser yang banyak dipakai versi Waroenk Media dimulai dari :

5. Safari


image by Source
Peringkat 5 diduduki oleh Safari, dibuat oleh Aplle Inc. mulai dirilis 7 januari 2003, traffik pengunjungnya hanya +/- 4 % dari total traffic yang sampai di data Warmed. Kalau menurut Stat Counter, Safari menduduki peringkat 2 sekitar +/- 13%. Safari mempunyai ikon Kompas. Versi yang terbaru Adalah Safari 6.0, namun hanya untuk pengguna Mac OS X v10.7.4 atau yang lebih baru, sedangkan Safari 5.1.7 bisa berjalan pada pengguna Mac OS X v10.6.8 atau PC yang ber OS Windows XP minimal SP2, Vista, Win 7 dan setelahnya. Kalau mau coba bisa langsung ke TKP gan www.apple.com/safari. Safari juga mempunyai versi Mobile untuk perangkat smartphone.




4. Opera

image By Opera / Anti
Opera logos
Peringkat ke empat ditempati oleh Opera, dibuat oleh Opera Software dan mulai dirilis sejak April 1995. Dari pantauan Warmed traffik yang menggunakan Opera hanya sekitar +/- 6%. Sedangkan menurut Stat Counter, Opera menduduki peringkat 6, hanya sekitar +/- 5,5%. Ikon Opera adalah Lingkaran berwarna Merah atau huruf O berwarna merah. Dulu ini paling handal versi Mobile-nya karena bisa memangkas banyak data agar tidak boros penggunaan GPRS. Kalau agan belum pernah coba silakan menuju ke TKP-nya www.opera.com.

3. Internet Explorer

image By Microsoft
Ternyata masih banyak pengguna Internet Explorer di seluruh dunia, meski dikabarkan sudah tamat riwayatnya (hehehe...). Ini berdasarkan pantauan traffik Warmed. Yah, memang produk yang satu ini sudah otomatis menjadi perangkat bawaan OS Microsoft, sejak kemunculannya pada 16 Agustus 1995. Hingga sekarang Internet Explorer sudah mencapai versi 11, namun tidak diperpanjang lagi keberadaannya dan diganti dengan Microsoft Edge. Kita lihat nanti perkembangannya. Karena menurut Stat Counter penggunanya semakin menurun dan menempati peringkat 5 dengan +/- 8% pengguna seluruh dunia. Untuk mengunjungi nya Warmed kasih link ini gan microsoft.com/ie.

2. Chrome

image By Google
Browser besutan Google ini memang bisa diandalkan. Walaupun berada diperingkat 2 versi warmed sekitar +/- 40% dari trafik, namun sudah berada diperingkat pertama versi Stat Counter, sekitar +/- 48% dari global. Sejak mulai dirilis pada 2 September 2008, Chrome sudah menyedot perhatian, karena dianggap browser yang paling aman. Apalagi sekarang Chrome bisa dipakai disemua perangkat berbasis komputasi. Dan menjadi aplikasi wajib pada Android. Kalau agan masih belum punya bisa langsung ke TKP google.com/chrome/.

1. Firefox

image By Sean Martell
for Mozilla
Dan yang paling banyak menurut versi Warmed adalah si Rubah Api alias Firefox, dibuat oleh Mozilla Corporation dan dukungan Mozilla Foundation. Dirilis sejak 23 September 2003 hingga saat ini sudah mencapai versi 48 meski masih beta. Data dari traffik Warmed menunjukkan pengguna sekitar +/- 45%, sedangkan Stat Counter mencatat hanya sekitar +/- 8,5%. Memang sejak ada perubahan mulai versi 33 atau 34 banyak yang mengeluh tentang kelemotannya yang tidak seperti biasanya, semakin diupgrade malah tambah mengesalkan, pengguna dunia banyak yang protes, termasuk Warmed, maka warmed balik ke versi sebelumnya yang masih stabil. Untuk cek versi terbaru silakan ke TKP gan mozilla.org/firefox.

All image source by wikipedia.com
Untuk Stat Counter dari http://gs.statcounter.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar