Kamis, 20 Oktober 2016

Cara Mengatasi dan Membasmi Virus Windows di PC atau Laptop Tanpa Instal Ulang

Image source www.intego.com
Kali ini Warmed akan membahas masalah mengatasi dan membasmi virus di PC/Laptop ber-OS Windows. Akhir-akhir ini, ternyata banyak sekali para pengguna PC/Laptop yang kecolongan PC/Laptopnya terinfeksi virus. Sebenarnya aplikasi Anti Virus sekarang sudah mumpuni untuk membasmi berbagai macam virus, namun para pembuat Virus juga tidak kalah dalam memanfaatkan kelemahan sistem dan yang paling sering dimanfaatkan adalah kelengahan pengguna itu sendiri.

Sebenarnya Warmed tergolong yang paling ogah untuk instal ulang sistem, meskipun banyak yang mengatakan kalau sudah terkena virus, instal ulang adalah solusi jitu dan langsung beres masalahnya. Namun dari perkembangan virus itu sendiri, kalau menurut Warmed, tidak semuanya bisa di atasi dengan menginstal ulang sistem,
masalahnya adalah sifat penggandaan dari virus itu sendiri, kecuali kalau format total Harddisk, dijamin beres masalahnya. Akan tetapi, permasalahan lain akan muncul jika Harddisk yang akan diformat berisi file penting/file kenangan yang mungkin hanya satu-satunya di dunia. (halah, sampai terbawa suasana). Jadi mau-tidak mau harus menyelamatkan file-file penting itu kan???

Daripada panjang lebar tidak karuan, lebih baik langsung ke TKP gan. Ini cara menurut Warmed untuk mengatasi dan membasmi virus yang sudah menginfeksi PC/Laptop kita :

  1. Pastikan tidak terhubung ke jaringan, entah itu Wi-Fi, LAN, Sharing atau Jaringan yang terhubung ke Internet.
  2. Jangan menginstal aplikasi Anti Virus terlebih dahulu, kecuali yang sudah terpasang. 
  3. Sebaiknya uninstal Anti Virus yang sudah terpasang agar tidak mengkarantina file yang terinfeksi virus, kecuali agan punya Kaspersky dan harus dalam keadaan non aktif.
  4. Buka Task Manager, klik pada tab proses, pastikan tidak ada file svchost.exe yang berjalan di user name PC/Laptop, misal Axioo (lihat gambar) intinya selain pada System, Network Service dan Local Service, jika ada klik kanan "end proccess".

  5. Lakukan Roll Back System/ System Restore dimana waktu restore adalah sebelum terkena virus. Untuk membukanya Klik Start --> Accessories --> System Tools --> System Restore
  6. Jalankan Dr. Web Cure It!, jika belum punya silakan download disini, gratis. Untuk menjalankan Dr. Web, sebaiknya di kompres dalam bentuk .zip file dan di masukkan dalam flashdisk kosong kemudian copy ke Drive selain C:, jalankan langsung dari kompresan. Setelah selesai jalankan scan untuk sistem, tunggu hingga selesai, pilih tindakan selanjutnya, cure file system, lakukan scan lagi untuk keseluruhan Drive yang ada tanpa terkecuali.(Semakin banyak dan besar file akan memakan waktu agak lama). Tunggu hingga selesai. Lakukan Cure pada file yang terindikasi terinfeksi virus.
  7. Setelah Dr.Web selesai melakukan scan, pasang Anti Virus dengan metode kompres .zip, Warmed menganjurkan menggunakan Kasperksy, mengapa Kaspersky? Karena menurut Warmed Kasperky adalah satu-satunya Anti Virus yang dapat menyembuhkan file yang terinfeksi virus, tidak langsung mengkarantina seperti kebanyakan orang yang mengatakan "file-file saya dimakan anti virus", "kurang ajar nih anti virus, file gua di embat semua". Sebenarnya tidak ada masalah dengan Anti Virusnya, karena memang tugasnya adalah membabat semua virus dan yang dicurigai terinfeksi virus. Masalahnya tidak semua anti virus menyembuhkannya tapi justru "memakan" alias mengkarantina file-nya. Saran saya jika terlanjur mengkarantina file, jangan uninstal anti virusnya, buka karantinanya dan restore kembali ke folder aslinya, baru uninstal. Kemudian jalankan Dr. Web Cure It!
Cara di atas sudah Warmed gunakan lama sekali sejak 2009, dan hingga kini selalu berhasil jika untuk permasalahan virus. Sekian dari Warmed, terima kasih sudah berkunjung dan semoga membantu. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar